TransJ Scania Mulai Beroperasi, Ahok Kejar Target Tambah Bus Akhir Tahun Ini

Sebanyak lima bus TransJ bermerek Scania mulai beroperasi hari ini di Koridor 1 (Blok M-Kota). Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menyambut baik peluncuran kelima bus tersebut ke publik.

“(15 bus lainnya) STNK-nya belum siap. Kan juga Lebaran nggak perlu maksain dulu. Saya sih kejar target termasuk Mayasari bisa masuk akhir tahun ini atau awal Januari,” ujar Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2015).

Menyoal ketersediaan SPBG untuk mengisi bahan bakar bus yang terbatas, Ahok menyebut tidak perlu risau lagi. Sebab, dirinya sudah menandatangani kesepakatan dengan PT Pertamina (Persero) untuk menambah jumlah SPBG di Ibu Kota.

“Pertamina juga sudah sepakat seluruh SPBU boleh diubah jadi atau tambah SPBG,” lanjutnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga akan menambah jumlah Mobile Refuel Unit (MRU) atau ‘SPBG Berjalan’ di sejumlah taman. Bahkan, dia juga mengizinkan kantor-kantor wali kota sebagai lokasi alternatif pengisian BBG melalui MRU.

“MRU tambah, kita sudah izinkan kantor Walikota boleh taruh,” terang Ahok.

“Kami juga berikan kesempatan di taman-taman maupun di aset Pemda seperti kantor wali kota itu boleh taruh MRU,” sambungnya.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Perindustrian DKI Jakarta per Oktober 2014, jumlah ideal ketersediaan SPBG seharusnya 50 tempat. Namun saat ini jumlah SPBG yang ada masih jauh dari ideal.

Tak ayal mempengaruhi pelayanan bus TransJ dari segi waktu, sehingga seringkali terjadi penumpukkan penumpang di halte-halte bus. Beberapa SPBG yang kini sudah beroperasi di Mampng, Pulogadung, Kramatjati dan Cililitan.

Sekadar diketahui utuk daerah DKI Jakarta, pemerintah telah menetapkan harga gas bumi Rp 3.100 per setara liter premium. Jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga bensin Premium Rp 7.400 per liter.

Sumber Berita: Detik.com, Rabu 15 Jul 2015, 08:49 WIB

http://news.detik.com/berita/2969395/transj-scania-mulai-beroperasi-ahok-kejar-target-tambah-bus-akhir-tahun-ini

Leave a Reply


Copyright © 2018 MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA · All rights reserved · created by Ratim