Nyamannya Stasiun KA Tanpa Calo

Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, semakin dipadati calon Pemudik yang akan pulang kampung menggunakan kereta api jarak jauh, Selasa (14/7/2015). Meski masih harus berdesakan saat akan masuk stasiun, sejumlah penumpang tampak menikmati ritual Mudik mereka.

“Enak banyak polisi sama tentara yang ngawasin sekarang, jadi enggak ada calo atau copet kita jadi enggak was-was,” sebut Haryo, salah satu calon penumpang KA Tegal Arum yang akan berangkat pada Selasa (14/7/2015) sore.

Menurut Haryo, sebelum ada sistem e-ticketing, praktik percaloan di stasiun kerap membuatnya tidak nyaman. Sebab, calo terkadang memaksanya membeli tiket dari mereka.

“Dulu kita ditakut-takutin, bilangnya tiket di loket udah habis atau loketnya udah tutup, padahal kalau dicek lagi ke dalam (stasiun) mah enggak. Akal-akalan mereka saja. Belum lagi dulu banyak porter enggak jelas,” kata pria paruh baya setiap tahun selalu Mudik menggunakan kereta api.

Pengamatan Kompas.com, puluhan personel dari TNI, kepolisian, dan satgas khusus stasiun tampak berada di setiap sudut Stasiun Pasar Senen. Mereka juga sering menjadi tempat bertanya calon penumpang yang bingung dengan jadwal keberangkatan atau peron.

“Aku ya jadi ndak takut-takut pergi Mudik sendiri, petugasnya sudah banyak. Jadi kalau ada apa-apa tinggal bertanya, atau teriak kalau ada yang nyopet,” kata Marini, seorang mahasiswi yang juga akan menaiki KA Tegal Arum menuju Brebes.

Ketertiban calon penumpang yang akan Mudik melalui Stasiun Pasar Senen juga membuat aktivitas di stasiun itu tidak tampak kacau meski cenderung padat.

Meskipun banyak yang membawa barang berukuran besar, calon penumpang tidak tergesa-gesa memaksa masuk agar mendapat tempat untuk barang mereka. Mereka lebih memilih jasa porter untuk membawa dan mengatur barang tersebut di atas kereta.

“Lebih manusiawilah sekarang walau kita naik kereta yang judulnya kereta ekonomi, soalnya udah diatur tempat duduk, udah dikasih AC, enggak bisa sembarangan siapa cepat dia dapat lagi. Udah enak sekarang naik kereta buat mudik,” tutur Seprian, calon penumpang tujuan Cirebon, Selasa (14/72015) sore.

Sumber Berita: Kompas.com, Selasa, 14 Juli 2015 | 18:49 WIB

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/07/14/18494871/Nyamannya.Stasiun.KA.Tanpa.Calo

Leave a Reply


Copyright © 2018 MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA · All rights reserved · created by Ratim