Antisipasi Sabotase Jalur Kereta, PT KAI Daop VI Tambah Personel Keamanan

Yogyakarta – PT KAI Daop VI Yogyakarta menambah personel keamanan dalam perjalanan KA Bathara Kresna Solo-Wonogiri. Langkah tersebut diambil terkait seringnya terjadi upaya sabotase perjalanan KA di jalur tersebut. Upaya sabotase terakhir dilakukan orang tak dikenal pada Selasa lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya KA Batara Kresna jurusan Solo-Wonogiri sempat dihentikan di tengah perjalanan karena ada tumpukan batu di atas rel. Sabotase terjadi di petak jalan dari Stasiun Solokota-Sukoharjo pada lintas jalur kereta Purwosari-Wonogiri, tepatnya di Desa Plumbon, Mojolaban, Sukoharjo.

Manager Corcomm PT KAI Daop VI, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan dari keterangan awak pejalanan KA, pemasangan batu di atas rel di sepanjang jalur tersebut bukan baru sekali itu ditemukan. Telah terjadi beberapa kali kejadian, namun memang yang dilaporkan baru yang terakhir kali terjadi pada Selasa lalu.

“Kami telah menerjunkan petugas keamanan tambahan untuk mengawal jalannya kereta api dan memeriksa sejumlah titik sekitar lokasi kejadian sabotase. Sudah diinstruksikan kepada petugas, serta kepala stasiun-stasiun di Solo-Sukoharjo-Wonogiri untuk mengecek keamanan jalur baik baut, kondisi rel secara umum, dan ancaman lain seperti pemasangan batu atau pelemparan,” kata Gatut Sutiyatmoko, Kamis (19/11/2015).

Sementara itu Kapolsek Mojolaban, AKP Priyono, mengatakan pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi terkait laporan pihak PT KAI tentang adanya upaya sabotase perjalanan KA. Priyono mengakui bahwa hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan intensif dan belum bisa diambil kesimpulan mengenai motif pemasangan batu di atas rel itu.

Sumber Berita: Detik.com, Kamis 19 Nov 2015, 12:21 WIB

http://news.detik.com/berita/3075196/antisipasi-sabotase-jalur-kereta-pt-kai-daop-vi-tambah-personel-keamanan

Leave a Reply


Copyright © 2018 MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA · All rights reserved · created by Ratim