Ahok Ultimatum APTB

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan ada sebanyak 300 bus rapid transit (BRT) dari Kementerian Perhubungan yang akan dioperasikan oleh Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD).

Bus-bus itu nantinya akan beroperasi dari luar Jakarta dan melintas di jalur bus transJakarta. Namun, penumpang tak perlu membayar lagi untuk menumpangi bus tersebut.

“Bus-bus dari luar kota ini bayar Rp 9.000 dan busnya ditap di dalam. Nah, ini yang mau kami terapkan di semua metromini dan kopaja yang sudah terintegrasi transjakarta, mereka mau pasang alatnya. Jadi nanti setelah dia bayar Rp 9.000, terus masuk jalur transjakarta, dia nanti naik transjakarta kami sudah tidak perlu bayar lagi,” kata Basuki, Kamis (30/7/2015).

Begitu pula jika penumpang dari Jakarta ingin ke kota sekitar atau Bodetabek. Kata Basuki, warga tidak perlu merogoh koceknya kembali jika ingin melanjutkan perjalanan dari transjakarta untuk menggunakan BRT.

Konsep inilah yang sebelumnya ditawarkan DKI pada Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB). Sayangnya, saran Basuki ditolak oleh operator APTB.

Basuki pun memprediksi APTB semakin lama akan semakin ditinggal penumpang karena tetap menarik tarif dan mengetem sembarangan.

“Mereka kalau tetap ngotot enggak mau ikut sistem kami, ya silakan saja beroperasi sampai pemberhentian di ujung, mereka pasti kalah sama kami. Saya sudah bilang, jangan lawan pemerintah. Kalau mereka masih tetap tidak mau (gabung dengan manajemen PT Transjakarta), saya akan kontak Pak Jonan (Menteri Perhubungan Ignasius Jonan),” kata Basuki.

Sebagai informasi, Kemenhub telah secara resmi memulai proyek perakitan 1.000 bus berstandar BRT. Perakitan 1.000 bus merupakan bagian dari program pengadaan 3.000 bus berstandar BRT yang akan berlangsung hingga 2019. Ribuan unit bus tersebut nantinya akan disebar ke 33 provinsi, kecuali DKI Jakarta.

Bus-bus yang akan dibagikan ke 33 provinsi itu nantinya akan dioperasikan oleh operator yang sama, yakni Perum Damri. Namun, pengecualian diberikan untuk bus-bus yang akan beroperasi di area Jabodetabek. Sebab, bus untuk area ini akan dioperasikan oleh PPD sebagai layanan bus Transjabodetabek.

Sumber Berita: Kompas.com, Jumat, 31 Juli 2015 | 08:46 WIB

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/07/31/08464181/Ahok.Ultimatum.APTB

Leave a Reply


Copyright © 2018 MASYARAKAT TRANSPORTASI INDONESIA · All rights reserved · created by Ratim